in

Tragis! Dokter Yang Menemukan Bahwa Mencuci Tangan Bisa Mencegah Penyebaran Kuman dan Penyakit Justru Dimasukkan Ke Rumah Sakit Jiwa Karena Dianggap Gila

Megamein.com – Pada tahun 1846 terdapat dokter di Hungaria bernama Ignaz semmelweis, dia bertugas sebagai seorang asisten profesor di john Hopkins School of public health.

Kisah ini bermula ketika banyak ibu-ibu meninggal pasca melahirkan karena penasaran Dokter Ignaz ini akhirnya melakukan sebuah penelitian untuk dicari tahu apa penyebabnya.

Karena penasaran akhirnya dokter Ignaz pun melakukan penelitian untuk dicari tahu apa penyebabnya, Ignaz pun melakukan penelitian ini di dua tempat bersalin yang satu dijaga oleh dokter lelaki dan yang satunya lagi dilakukan oleh bidan wanita.

Dari statistik kematian akibat melahirkan yang ada, Ignaz mendapatkan bahwa persalinan yang di jaga oleh dokter laki-laki itu 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan dijaga oleh bidan wanita.

Karena tidak bisa mendapatkan bukti dan juga alasan atas peristiwa tersebut Ignaz pun merasa kecewa dan lalu memohon cuti untuk istirahat sejenak, namun sepulang dari cuti, Ignaz mendapatkan satu rekannya yang merupakan seorang ahli patologi telah meninggal dunia, rekannya tersebut mati karena mengalami demam yang menyebabkan kematian.

Terkejut akan berita tersebut Ignaz pun menyadari mungkin ada kaitan nya antara tugas seorang patologis yang perlu memeriksa badan wanita dengan jarinya dan juga demam yang membunuh rekan karibnya itu, ternyata gejala dan penyakit yang diderita rekannya itu sama persis seperti kebanyakan dari wanita yang meninggal setelah melahirkan yaitu akibat dari penyakit yang disebut Childbed fever.

Meskipun begitu persoalan yang paling besar masih belum ditemukan oleh Ignaz yaitu, Mengapa persalinan yang ditangani oleh dokter laki-laki lebih banyak memakan korban dibandingkan dengan bidan wanita.

BACA JUGA  Mana yang Lebih Dulu, Bendera Merah Putih Indonesia, Monako dan Polandia

Di sinilah Ignaz menemukan sedikit titik terang, yaitu banyak dari dokter dokter lelaki serta pelajar kerap berinteraksi dengan proses autopsi dimana disana memerlukan mereka untuk memegang mayat, namun untuk bidan perempuan kerjaannya hanya diperlukan dalam proses kelahiran saja.

disini menunjukkan bahwa kuman sebenarnya datang daripada mayat-mayat tersebut yang disentuh lalu berpindah pada dokter serta pelajar laki-laki, setelah itu kuman itu berpindah ke ibu-ibu bersalin akhirnya menyebabkan sebuah infeksi.

Ternyata dulu dokter-dokter tidak ada yang mencuci tangannya setelah mengenai pasien meskipun mereka sebelumnya telah membantu dalam mengotopsi mayat,

karna tahu akan hal itu Ignaz pun menyarankan agar semua pihak yang terlibat dalam proses persalinan harus membasuh tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan klorin, karena pada masa itu klorin merupakan satu-satunya bahan yang bisa menghilangkan bau mayat dari jari, setelah saran dari zina itu dilakukan persentase kematian pascamelahirkan pun menurun drastis.

BACA JUGA  Flying Dutchman Indonesia, Misteri Kapal Hantu SS Ourang Medan

Namun tidak berhenti sampai di sana, atas gagasan ini Ignaz pun banyak mendapatkan kritikan pedas dari dokter dokter, karena menurut mereka cuci tangan sebelum proses persalinan itu merupakan hal yang tidak produktif dan membuang waktu karena untuk membunuh kuman yang dianjurkan oleh dokter ignaz ini prosesnya sangat lama dan harus menggunakan air mendidih dan juga bahan kimia.

Karena tidak pandai berkata-kata Ignaz malah membalas kritikan pedas itu dengan umpatan dan juga Makian serta kutukan, atas desakan dari para dokter akhirnya Ignaz pun dibuang dan dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa pada tahun 1855, karna idenya tersebut dianggap gila dan dikembalikan ke budapest secara diam-diam pada tahun 1861.

Namun selama disana Ignaz akhirnya menerbitkan penelitiannya yang berjudul the etiology of the concept and the prophylaxis of childbed fever yang menerangkan mengenai teori beliau dan juga teknik dalam membasuh tangan untuk membasmi kuman kuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

Tak Disangka Inilah Perintah Pertama Soekarno Saat Menjadi Presiden, Kocak Sekali!

Banyak yang Tidak Tahu, Kalo Menemukan Benda-benda ini Orang Bisa Kaya Mendadak!