Sparta VS Athena, Mana Yang Lebih Kuat ?

Sparta VS Athena, Mana Yang Lebih Kuat ?

Megamein.com – Tentunya Kita sudah sering mendengar mengenai petarung petarung ini yang dikenal karena keberaniannya dan ketangguhannya, Sparta dan Athena merupakan salah satu tentara elit dari peradaban Yunani kuno.

Sparta dan Athena memang memiliki banyak kesamaan dalam organisasi dan strukturnya tapi di bidang militer mereka memiliki perbedaan yang cukup unik, seperti yang dikutip dari hariansejarah.id (11/4). Inilah beberapa perbedaan sifat antara Sparta dan Athena.

1. Fokus Utama Militer Sparta Berada di Angkatan Darat


Tentunya hal yang paling mendasar dari tentara Sparta ini, adalah ciri khas pada militernya, dikarenakan seluruh kota kota Sparta hanya memfokuskan untuk memperkuat kota mereka dengan cara melatih pasukannya menjadi pasukan elit, dalam masyarakat dikenal dengan istilah “tentara darat”.

Sejak anak-anak berusia 7 tahun maka mereka akan dilatih menjadi tentara militer dan mendapatkan pendidikan yang sangat keras, untuk membentuk karakter dan memperkuat fisik serta mental, tak jarang mereka harus dihadapi dengan pelatihan cuaca yang sangat ekstrem atau bertarung dengan binatang yang sangat buas.

Dengan pelatihan yang ketat serta telah mengenal beratnya kehidupan dari kecil, membuat para pasukan Sparta memiliki kekuatan yang sangat hebat dibandingkan dengan tentara yang lain, serta sparta menjadi prajurit andalan pada masa Yunani kuno.

2. Athena Terkenal dengan Kehebatan Angkatan Lautnya


Beda halnya dengan pasukan Athena, orang-orang athena memusatkan kekuatan mereka di angkatan lautnya. Selama setiap pertarungan yang kurun waktu bertahun-tahun, pertempuran di atas laut didominasi oleh pasukan Athena. Sebab dari itu kekuatan laut Athena tumbuh dengan sangat pesat bahkan jumlah Armada kapal yang mereka miliki terbilang sangat banyak Pada masa itu.

BACA JUGA  Fans Liverpool Mendadak Ingin Masuk Islam, Ini Alasannya

Pasukan Athena juga terkenal dalam menghadapi segala kondisi cuaca di lautan, karena kekuatan yang dimiliki Athena mereka digadang-gadang sebagai saingan terberat sparta dalam adu kekuatan militer.

3. Sparta Memiliki Helot

Dalam pertempuran Sparta juga memiliki budak perang yang setia pada mereka Meskipun mereka dianggap sebagai prajurit rendahan karena status mereka adalah budak.

Budak perang ini dijuluki dengan sebutan Helot, mereka adalah masyarakat yang berbasis militer yang merupakan budak dari Messenia, sparta menggunakan teror dalam mengawasi mereka untuk memastikan tidak ada yang memberontak, para budak ini akan dilatih oleh Sparta secara militer ketika mereka sudah siap dan taat maka para Helot ini akan dikirim ke medan pertempuran.

4. Kehebatan Teknologi Angkatan Laut Anthena

Jika dilihat Sparta hanya menguatkan kekuatan militer untuk pertahanan, beda halnya dengan Athena, athena mengembangkan kekuatan militernya dengan tujuan untuk membuat hegemoni di Mediterania dengan cara memanfaatkan sumber daya alam untuk pembangunan teknologi dan pada puncaknya athena lebih unggul dalam mesin militer paling canggih terutama dari peralatan militer laut.

Hanya dengan sokongan kapal perang, orang Athena bisa Berada di posisi terkuat untuk menguasai seluruh sumber daya yang dimiliki oleh Mediterranian Timur. Dikarenakan Athena memonopoli seluruh sumber daya alam, maka kekuatan ekonomi Athena pun menjadi kuat dan memiliki banyak persediaan kayu untuk dapat menghasilkan banyak Armada kapal tempur berkualitas tinggi.

Comments

Tulis Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: