in

Serem Banget Inilah Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan Di Dunia, Bikin Ngilu!

Serem Banget Inilah Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan Di Dunia, Bikin Ngilu!

Charkhi Dadri, Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan Di Dunia

Megamein.com – Ada banyak hal yang mendasari terjadinya sebuah kecelakaan pada pesawat terbang. Mulai dari kerusakan teknis yang benar-benar parah hingga hal sepele yang dapat menjadi penyebab terjadinya kesalahan fatal tersebut.

Pada 12 November 22 tahun silam yakni di tahun 1996, tercatat sebuah kecelakaan pesawat paling mengerikan di dunia penerbangan . Kecelakaan yang merenggut 349 nyawa tersebut terjadi dikarenakan dua pesawat saling bertabrakan. Pesawat tersebut ialah pesawat Maskapai Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan 736 dan pesawat Kazakhstan Airlines dengan nomor penerbangan 1907 (UN-76435).

Pesawat berjenis Boeing milik Maskapai Saudi tersebut piloti oleh Khalid Al Shubaily yang telah dikenal sangat berpengalaman dengan 9.800 jam penerbangan. Sedangkan pada pesawat Kazakhstan Airlines juga dipiloti oleh pilot berpengalaman dengan 9.200 jam penerbangan. Meski memiliki banyak pengalaman, hal ini tak membuat orang bisa luput dari mautnya.

BACA JUGA  Alasan Mengapa Ritual Kuno Selalu Menggunakan Gadis Perawan

Bermula ketika pesawat Maskapai Saudi Arabian Airlines akan melakukan penerbangan pada pukul 18.32 waktu setempat dari Bandara Internasional Indira Gandhi India ke Bandara Internasional Dhahran Arab Saudi. Pada waktu yang bersamaan pula pesawat Kazakhstan Airlines akan melakukan pendaratan di bandara internasional Indira Gandhi India.

Pesawat Saudi akhirnya meluncur dan naik hingga ketinggian 14.000 kaki. Pada saat yang bersamaan pula, proses pendaratan pesawat Kazakhstan telah dipersiapkan untuk turun hingga ketinggian 15.000 kaki menuju bandara Indira Gandhi India. Namun ternyata pesawat Kazakhstan turun lebih rendah dari yang seharusnya hingga berada di ketinggian 14.500 kaki.

Menyadari hal tersebut, petugas pengendali lalu lintas udara segera memperingatkan pesawat Kazakhstan, namun ternyata semua itu sudah terlambat. Tabrakan kedua pesawat tersebut pun sudah tidak bisa dihindari lagi. Pesawat Saudi akhirnya menabrak bagian ekor pesawat Kazakhstan.

Setelah diselidiki, kecelakaan ini dinyatakan terjadi akibat kelalaian dari kapten pilot Kazakhstan yang menurunkan pesawat yang dikendarainya lebih rendah daripada semestinya. Selain itu, kecelakaan ini juga disebabkan karena kurangnya kemampuan pilot pesawat Kazakhstan dalam berbahasa Inggris, sehingga pilot bergantung sepenuhnya pada operator radio untuk berkomunikasi kepada petugas pengendali lalu lintas udara.

BACA JUGA  5 Kejahatan Soeharto Terhadap Soekarno

Hal lain juga yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan tersebut ialah karena bandara Indira Gandhi India tersebut hanya memiliki radar pengawasan utama yang hanya dapat membaca jarak dan tidak dapat membaca ketinggian. Hal lainnya juga dikarenakan wilayah udara sipil di New Delhi hanya memiliki satu koridor untuk keberangkatan dan kedatangan.

Sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

Info Merinding, Bunga Misterius di Makam Caroline Walter Yang Masih Belum Bisa Terpecah kan

Kisah Bung Hatta Yang Tak Mampu Beli Sepatu Impiannya