in

Sejarah Genteng Tanah Liat, Jadi Atap Rumah di Indonesia Gegara Wabah Penyakit

Sejarah Genteng

Megamein.com – Dari berbagai sumber yang didapat, bahwa sejarah Genteng untuk rumah itu berawal dai Tiongkok, Kira-kira pada 10.000 SM, Sudah banyak bangunan disana yang telah menggunakan atap dengan berbahan tanah liat.

Lalu tidak begitu lama, menyusul lah masyarakat Timur Tengah yang menggunakan tanah liat untuk menutupi bagian atas rumahnya dengan bahan yang sama dengan orang Tiongkok. Dari timur Tengah ini lah, atap bangunan berbahan tanah liat kemudian menyebar sampai ke Eropa.

Genteng sendiri baru masuk ke Amerika pada abad 17, gagara Eropa membawa virus arsitektur yang kekinian pada waktu itu. Namun Di Indonesia sendiri, genteng tanah liat baru ada sebelum abad ke 20an.

BACA JUGA  Misteri Mbah Dipo dan Indahnya Gunung Semeru

Konon munculnya ide pembuatan genteng ini, berawal dari penjajah Belanda. Pada masa itu memang masyarakat Indonesia, sudah memproduksi barang dengan menggunakan bahan tanah liat, namun genteng sendiri baru ada setelah belanda masuk ke indonesia.

Bedahalnya indonesia dulu, mereka memproduksi barang dari tanah liat, hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja. Kerajinan yang diproduksi oleh masyarakat diantaranya adalah gentong, cobek, tungku, jambangan dan lain-lain.

Namun Pembuatan genteng tanah liat waktu itu, baru ada setelah Belanda memakainya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan pabrik gula.

BACA JUGA  Kisah Leimena, Menteri Jujur zaman Soekarno Ini Hanya Punya 2 Helai Kemeja

Sejarah Genteng sendiri di indonesia baru mulai dipakai sebagai atap rumah, setelah adanya serangan wabah pes. Dari hasil penelitian tim kesehatan Belanda waktu itu, penyakit pes sendiri ditularkan oleh tikus akibat dari penggunaan rumbia sebagai atap rumah.

Atap rumah yang menggunakan rumbia dipakai oleh Tikus untuk bersarang dan itu dijadikan penyebab penularan wabah pes.

Sejak itulah, masyarakat makin sadar dan beralih dengan menggunakan genteng, pembuatan genteng berbahan tanah liat pun akhirnya berkembang di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

Misteri Relief Borobudur, Ukiran Monster Laut di Pahatan Candi ASLI?

Astaga! Ada Benda Mirip iPhone Ditemukan Pada lukisan Tahun 1937an, Perjalanan Waktu?