Penting! Segera Lakukan Hal Ini Jika Kalian Digigit Oleh Anjing

Megamein.com – Anjing adalah salah satu hewan liar dengan gigi tajam yang dapat menyerang ketika mereka merasa mereka terancam. Salah satu dari sekian banyak insiden, contohnya yang dialami oleh Bima Aryo. Berita tentang kematian Bima karena serangan Belgia Malinois baru-baru ini.

Orang yang telah diserang dan digigit oleh anjing masih dapat bertahan hidup, asalkan berhasil dan mendapatkan pertolongan pertama yang dilakukan sesuai prosedur.

Bersihkan dengan air hangat

Bersihkan luka gigitan dengan air hangat selama beberapa menit menggunakan kain bersih atau bola kapas. Selanjutnya, jika gigitannya tidak berdarah, maka Anda harus menekan bagian gigitannya agar darah keluar. Metode ini digunakan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam luka.

Tangani dengan benar dan berikan obat

Anda dapat memberikan obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Setelah itu, oleskan antibiotik juga, biasanya banyak orang akan menggunakan neosporin atau bacitracin, fungsinya adalah untuk mencegah kuman berkembang biak di dalam bekas gigitan. Setelah itu, balut luka dengan perban atau kasa bersih.

BACA JUGA  Suku Tanpa Kepala Dari Afrika Ini Diyakini Keberadaannya Oleh Beberapa Orang Terkemuka

Temui dokter jika timbul gejala lain

Penanganan di atas adalah cara jika luka tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan masalah Lebih lanjut. Jika setelah selesai di obati di rumah tetapi kemudian muncul gejala lain seperti, bengkak, rasa hangat, lunak saat di sentuh atau bahkan demam, maka segeralah pergi ke dokter atau profesional medis.

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, maka ikuti semua yang diminta oleh dokter. Selanjutnya, dokter akan memberikan obat sesuai dengan kebutuhan pasien. Namun, kembali ke dirimu sendiri, jika memang anda merasa takut sejak awal, maka anda bisa langsung pergi ke dokter tanpa harus melakukan beberapa pertolongan seperti diatas.

Comments

Tulis Komentar

error: