Misteri Hilangnya Emas Indonesia Dalam Penerbangan Ri-002

Misteri Hilangnya Emas Indonesia Dalam Penerbangan Ri-002

Megamein.com – Dalam memerangi kolonial Belanda setelah kemerdekaan Republik Indonesia, tersiar kabar bahwa pesawat RI-002 membawa 20 kilogram emas yang akan digunakan untuk membeli pesawat. sumber sejarah lain menyatakan bahwa pesawat RI-002 dengan pilot Robert Earl Freeberg kehilangan kontak, dan jejak emas seberat 20 kilogram hingga kini tidak pernah ditemukan kembali.

Misteri Hilangnya Emas Indonesia Dalam Penerbangan Ri-002
Dilansir dari merdeka.com(5/6). Dalam ulasan yang dilaporkan oleh Smithsonian Magazine 2 tahun yang lalu, Robert Earl Freeberg mendeklarasikan seorang pahlawan yang meninggal dalam tugasnya. Robert Earl Freeberg juga dikenal sebagai tentara bayaran untuk misi penerbangan luar negeri. Freeberg pernah menulis surat kepada keluarganya tentang ketidakadilan yang diderita oleh Indonesia di tangan Belanda.

BACA JUGA  Terungkap! Sosok Kakek Dibalik Sampul Iqro

Misteri Hilangnya Emas Indonesia Dalam Penerbangan Ri-002
Marsha Freeberg Bickham percaya bahwa pamannya tidak tewas dalam kecelakaan pesawat tetapi ditangkap dan dipenjarakan oleh Belanda yang kemudian meninggal di penangkaran. Pasca Perang Pasifik, banyak pesawat yang digunakan dijual bebas ke publik yang dapat dibeli oleh pilot atau tanpa pilot. Dikabarkan bahwa Freeberg & pesawatnya disewa untuk menghancurkan blokade udara oleh militer Belanda.

Kemudian ia memulai penerbangan khusus di wilayah Republik Indonesia dengan pesawat RI-002. Sebuah pesawat angkut dari Douglas DC-3 berangkat dari Yogyakarta pada pagi hari 29 September 1948. Penerbangan itu membawa lima awak, satu penumpang, 20 kilogram obat-obatan dan emas, terdaftar dengan identitas RI-002 sebagai tulang punggung Angkatan Udara Indonesia di kemerdekaan gerak yang berperang melawan tentara kolonial Belanda.

Misteri Hilangnya Emas Indonesia Dalam Penerbangan Ri-002
Freeberg pernah mengajak Soekarno berkeliling Sumatera untuk meminta kontribusi rakyat dalam membantu perjuangan RI. Masyarakat Aceh dikabarkan menyumbang 20 kilogram emas yang akan digunakan untuk membeli pesawat Dakota dengan nama Seulawah (Gunung Emas) dengan nomor registrasi RI-001. Dan 20 kilogram emas yang diambil pada akhir penerbangan RI-002 yang tidak pernah kembali, emas Indonesia dimaksudkan untuk membeli lebih banyak pesawat.

Masalahnya beredar bahwa emas batangan disita oleh militer Belanda ketika pesawat mendarat di pangkalan udara Gorda-Serang, Jawa Barat.

BACA JUGA  Gua Indah Ini Tempat Penumpasan PKI, Ditemukan 3 Truk Tulang Manusia

Comments

Tulis Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: