Melihat Kejayaan Timnas Indonesia di Masa Presiden Soeharto

Megamein.com – Melihat Persepak bola-an indonesia saat ini sangatlah Miris, apa lagi setelah insiden kemarin dimana sepak bola indonesia lebih terlihat seperti olah raga Mixed Martial Arts (MMA) di banding dengan sperti yang seharusnya.

Tapi taukah kalian bahawa dulu sepak bola di tangan Soekarno mendapatkan dukungan besar-besaran. Bertujuan sebagai alat pemersatu bangsa dan penyebar nasionalisme.

Pada zaman presiden Soeharto, sepak bola juga banyak menorehkan sejarah manis di mata internasional, Dengan slogan andalannya “memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat”, sepak bola saat itu berada pada titik tertinggi dalam sejarah.

BACA JUGA  Misteri Mayat Mesturbasi Berumur 2000 Tahun di Pompeii

contoh nya seperti apa, simak berikut ini :

1. Memajukan sepak bola Indonesia dengan membuat liga profesional

Timnas Indonesia di Masa Presiden Soeharto

Pada tahun 1975 presiden kedua memberikan suatu gagasan yang dinamai Galatama, Galatama adalah sebuah liga sepak bola semi profesional pertama di Indonesia sebelum diganti Liga Indonesia pada tahun 1994.

Kejuaraan tertinggi Indonesia tersebut diadakan dengan tujuan agar olahraga ini terus berjalan

Pada kompetisi ini gairah sepak bola sangat luar biasa, karena banyak tim perusahaan negara ikut meramaikan jalannya liga

2.Cabang sepak bola mampu meraih medali emas pertamanya pada SEA Games

Timnas Indonesia di Masa Presiden Soeharto

Indoneis berhasil mendapatkan mendali emas pertama kali pada tahun 1987, dengan pelatih saat itu berasal  dari Belanda Wiel Cover Indonesia tampil memukau dengan mampu mengalahkan Malaysia pada pertandingan puncak. Prestasi bagus ini masih belum mampu terulang kembali.

3. Mampu menjadi kekuatan besar sepak bola Asia Tenggara

Timnas Indonesia di Masa Presiden Soeharto
Tercatat banyak tim besar pernah berkunjung ke negara indonesia untuk melakuakn pertandingan persahabatan seperti Arsenal, Ajax dan beberapa Pele dengan timnas Brazil pernah adakan pertandingan di negara kita.

Saat itu timnas mampu mengalahkan juara Piala Dunia dua kali dengan skor dua satu. Pemain-pemain raksasa asal Amerika itu dibuat tidak berdaya.

4.Kembangkan sepak bola dengan menyekolahkan pemain ke Eropa

Timnas Indonesia di Masa Presiden Soeharto
Dulu banyak pemain muda dipersiapkan untuk menyambut datangnya kejuaraan internasional lainnya. Untuk mengulangi prestasi yang lalu, timnas Indonesia dikirim ke Eropa untuk mendapatkan pembelajaran dengan metode modern Eropa dan didanai penuh oleh negara.

5. Kalahkan Thailand dan menjadi sang juara pada kompetisi internasional

Timnas Indonesia di Masa Presiden Soeharto
Pada tahun 1991, Indonesia berhasil mengalahkan tim kuat kala itu Thailand untuk meraih medali emas SEA Games di Jakarta. Peristiwa tersebut menjadi sejarah yang takan terlupakan oleh Indonesia. Pasalnya, setelah men juarai SEA Games pertamanya melawan Malaysia inilah prestasi besar timnas Indonesia di kompetisi multievent.

Comments

Tulis Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: