in

Kisah Hiroo Onoda Prajurit Yang “Tertipu” Selama 29 Tahun Berperang Sendirian

 

Kisah Prajurit Yang "Tertipu" Selama 29 Tahun Megamein.com – Setelah Jepang mengalami serangan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, pada tanggal 15 Agustus 1945, Saat itu pula Jepang mengumumkan bahwa mereka telah menyerah kepada Sekutu. Dan disaat itu juga Perang Dunia II akhirnya berakhir, nampun semua itu tidak terjadi untuk beberapa orang. Salah satunya, Hiroo Onoda.

Hiroo Onoda merupakan salah satu perajurit milik jepang, di waktu itu, dia masih berumur 22 tahun ketika ditugaskan di salah satu Pulau Filipina, yaitu Lubang, pada Desember 1944, Hiroo Onoda memiliki tugas untuk memata-matai musuh dan mencari informasi disekitar pulau tersebut. Meski Jepang telah kalah pada 1945, namun Hiroo Onoda ini tidak tau dan tetap berada di dalam hutan sambil berjuang.

Bahkan ada beberapa warga sipil Filipina yang berkali-kali mencoba memberitahukannya bahwa perang telah usai, namun warga tersebut malah ditembaki olehnya, ia mengira warga tersebut adalah boneka sekutu yang mencoba untuk menipunya.

BACA JUGA  Kontes Mirip Monyet!, Inilah 5 Kontes Kecantikan Nyeleneh Di Masa Lalu

Namun akhirnya pada tahun 1972, barulah Pemerintah Jepang menyadarinya tentang keberadaan Hiroo Onoda ini, Setelah itu pemerintah jepang pun lantas mengirim keluarga Hiroo ke dalam hutan untuk menjemputnya. Namun lagi-lagi, ia malah menolak untuk dibawa pulang. Ia malah berkata, “Komandanku telah berjanji akan menjemputku apapun yang terjadi. Aku hanya percaya perintah Komandan!”

Dan barulah akhirnya Hiroo Onoda ini bersedia keluar dari hutan Filipina setelah mantan komandannya mendatanginya di tahun 1974, yang kemudian ia memerintahkan kepad Hiroo Onoda untuk menyerah. Pasca kepulangannya, Hiroo pun dibuat kaget dengan perubahan Jepang yang begitu sangat drastis. Karena tak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, ia memutuskan untuk pindah ke Brazil dan berternak sapi hingga akhir hayatnya. Hiroo dikabarkan meninggal pada tahun 2014 lalu di usianya yang ke 91 tahun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

Ratu Cantik Zenobia yang Diarak dan Menjadi Tontonan Karena Kalah Perang

Ratu Cantik Zenobia yang Diarak dan Menjadi Tontonan Karena Kalah Perang

Kisah Tragis Korban Kecelakaan Pesawat Yang Rela Menjadi “Kanibal” Untuk Bertahan Hidup