in

Kisah Hebat Pilot TNI AU yang Pernah Tenggelamkan Kapal Perang Milik Jepang, Bikin Bangga!

Kisah Hebat Pilot TNI AU

Megamein.com – Marsekal Suryadi Suryadarma merupakan Kepala Staf TNI AU (KASAU) yang pertama, ia dulunya merupakan tentara Belanda (KNIL) yang kemudian bergabung dan berpihak pada indonesia, setelah Indonesia merdeka.

Sebagai seorang yang pernah menjadi tentara Belanda dan pernah mengawaki pesawat tempur jenis pembom Glenn Martin dalam PD II, Letnan Suryadarma sendiri menjabat sebagai Wakil Komandan kesatuan pembom Grup 7 AU Belanda.

Kisah heroik ini bermula ketika Suryadarma yang bertugas sebagai komandan operator bom ternyata pernah menenggelamkan kapal Jepang (cruisser) di perairan Kalimantan.

Tepatnya terjadi pada tanggal13 Januari 1942, ketika pesawat pembom Glenn Martin B-10 yang diawaki Suryadarma dan dipiloti Kapten Lukkien serta seorang kopilot lainnya terbang dari Pangkalan Udara Manggar Samarinda, Kalimantan.

Untuk menyerang kapal-kapal perang milik Jepang yang sedang berlayar menuju perairan Tarakan. Dalam misi tersebut, Suryadarma bertindak sebagai observer sekaligus komandan operator bom bagi dua pesawat Glenn Martin lainnya.

BACA JUGA  Arti Dibalik Bentuk Warna Onde

Dengan mudah Suryadarma menemukan lokasi konvoi kapal-kapal perang Jepang yang berjumlah sekitar 50 unit yang sedang berlayar menuju Tarakan.

Kedatangan pesawat pembom Belanda saktu itu langsung disambut dengan tembakan antiserangan udara dari kapal-kapal perang Jepang yang kemudian bergerak zig-zag demi menghindari serangan bom dari pesawat Suryadarma.

Namun dengan gesit Suryadarma pun langsung membidik salah satu kapal perang milik Jepang berjenis penjelajah berat (cruisser) dan kemudian memberikan aba-aba kepada kedua anakbuahnya untuk segera menjatuhkan bom melalui radio.

Akhirnya Sejumlah bom pun jatuh secara bersamaan dari ketiga Glenn Martin dan bom-bom itu berhasil menenggelamkan salah satu kapal penjelajah Jepang yang ukurannya seperti KRI Irian yang pernah dimiliki TNI AL.

BACA JUGA  Ingin Tampil Dengan Rambut Indah Di Akhirat, Inilah Yang Dilakukan Orang Mesir Kuno Dulu

Namun demi menyerang konvoi kapal perang Jepang itu Suryadarma harus membayar mahal. Karna dua pesawat Glenn Martin lainnya tertembak jatuh setelah disergap pesawat tempur Jepang, dan pesawat Glenn Martin yang diawaki Suryadarma sendiri juga mengalami rusak parah.

Meskipun dalam kondisi rusak parah namun, Glenn Martin M-588 bisa mendarat kembali ke Pangkalan Udara Manggar dengan selamat. Setelah itu pasukan Belanda berusaha melawan pasukan Jepang yang kemudian mendarat di Indonesia (Hindia Belanda), militer Belanda akhirnya menyerah.

Namun dibalik semua itu Suryadarma sendiri malah berbalik dan bergabung dengan pasukan RI untuk bertempur melawan Jepang dan juga melawan Belanda dalam Perang Kemerdekaan.

Dalam perjalanan karier militernya, Suryadarma sendiri ternyata sebagai seorang yang berhasil dekat dengan Presiden Soekarno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

31 Tahun Menghilang Wanita Rusia Ini Ditemukan Membeku Jadi Boneka Lilin, Ini Penyebabnya!

Mengharukan! Kalimat Terakhir Anak Jenderal AH Nasution, Korban Kekejaman PKI