in

Jijik Banget! Seperti Inilah Toilet Zaman Romawi Kuno Dulu, Berani Coba?

Toilet Zaman Romawi Kuno Dulu

Megamein.com – Dulu jadi zaman Romawi kuno medan peperangan bukanlah tempat yang paling membahayakan, malahan toilet umum di zaman itu merupakan tempat yang lebih berbahaya daripada medan pertempuran.

Hal itu justru terbalik dengan tempat pemandian di zaman Romawi kuno, yang justru malah menjadi tempat yang aman dan nyaman. Toilet umum sendiri pada zaman Romawi Kuno merupakan sebuah tempat yang di dalamnya terdapat sebuah papan-papan yang sudah di lubang, di mana lubang tersebut akan digunakan untuk orang mengeluarkan air seni atau tinja.

Biasanya lubang-lubang tersebut berjumlah 50 buah, dan dibuat tanpa sekat sedikitpun, sehingga orang-orang yang menggunakan toilet umum disebelahnya dapat saling memandang satu sama lain. Tak diketahui dengan jelas pula apakah toilet umum itu juga tak dipisahkan antara toilet untuk laki-laki dan perempuan.

BACA JUGA  5 Momen Menyeramkan yang Terekam di Siaran Langsung Televisi

Karena saat itu sistem pembuangan limbah di toilet umum sangatlah buruk, itu jadi sering kali dijadikan tempat sarang tikus-tikus got. Bahkan tidak jarang tikus-tikus yang ada di dalam saluran pembuangan limbah tersebut seringkali merangkak naik ke lubang dan menggigit bagian tubuh orang yang sedang menggunakan toilet umum.

Selain itu juga, akibat dari limbah yang tidak dikelola dengan baik terkadang sering terjadi penumpukan gas metana di bawah tanah, dan itu akhirnya menimbulkan kebakaran bahkan ledakan besar karena limbah tak dikelola, hal tersebutlah yang membuat orang-orang di zaman itu seringkali menggunakan sihir agar bisa selamat saat menggunakan toilet umum . Bahkan para arkeolog sering menemukan banyaknya mantra atau ajian ajian yang digoreskan di sebuah dinding toilet, itu semua bertujuan untuk membuat mereka aman dan menjauhkan mereka dari gangguan setan.

Yang unik lagi, salah satu cara untuk menghindar dari gangguan setan adalah dengan tertawa. Karena itulah, banyak orang membuat ukiran karikatur di dalam toilet supaya mereka bisa tertawa sambil membuang hajat. Bahkan saat situasi sedang gawat, orang-orang sering Memanggil nama para dewa untuk meminta bantuan yang sering disebut salah satunya adalah dewi keberuntungan, Fortuna.

Namun pada akhirnya, meskipun memerlukan waktu yang lama untuk menyadarinya, yang dibutuhkan warga Romawi Kuno agar aman saat berada di toilet umum bukanlah keberuntungan maupun mantra atau sihir, melainkan hanyalah sebuah kebersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

Terbongkar! Ternyata Inilah Alasan Mengapa Mengacungkan Jari Tengah Dinilai Sebuah Hinaan

Taruhan Mendaratkan Pesawat Dengan Mata Tertutup Hasilnya 70 Penumpang Tewas!