Inilah asal usul mengapa jarum jam bergerak ke arah kanan

Inilah asal usul mengapa jarum jam bergerak ke arah kanan

Megamein.com – Jam merupakan alat penunjuk waktu paling akurat saat ini. Beberapa jenis jam bahkan sangat lumrah kuta jumpai dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti jam tangan atau jam dinding.

Namun diantara sekian banyak jam yang kita jumpai, semuanya memiliki kesamaaan yaitu arah putaran jarum jam yang mengarah ke kanan.

Lalu mengapa jarum jam memutar ke arah kanan?
Mari simak terlebih dahulu sejarah tentang adanya jam di dunia ini.

Awalnya bentuk jam matahari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sundial ini lah yang merupakan tipe jam tertua yang diciptakan oleh manusia. Jam jenis ini pertama kali diciptakan pada 3.500 tahun lalu sebelum masehi. Jam matahari diciptakan oleh bangsa mesir saat itu memakai posisi matahari sebagai alat penunjuk waktu.

BACA JUGA  Yang Nggak Kuat Jangan Lihat! Foto-foto Wajah Rusak Tentara Korban Perang Dunia 1

Bentuk jam matahari sendiri memang beraneka ragam. Tetapi yang umun diketahui oleh orang banyak adalah jam dengan bentuk datar dengan tanda disekelilingnya untuk menunjukkan waktu. Ditengah jam tersebut terdapat tiang yang pada siang hari akan menghasilkan bayangan. Bayangan yang jatuh pada tanda disekeliling jam tersebutlah yang di jadikan sebagai penanda waktu. Dengan cara ini bangsa Mesir bisa mengetahui waktu antara siang dan malam. Jam yang menggunakan sinar matahari juga banyak dikembangkan bangsa lain di Eropa dan Asia.

BACA JUGA  Sadarkah Kamu Dengan Lubang Kecil Di Bawah Kelopak Mata, Ternyata Ini Kegunaannya!

Jam matahari yang menjadi alasan pergerakan jarum jam mengarah ke kanan. Jam matahari yang digunakan bangsa Mesir berputar kearah kanan dan sama persis dengan perputaran jarum jam modern yang saat ini kita gunakan.

Dengan adanya sejarah tersebut maka dibuatlah kesepakatan agar jarum jam yang kita gunakan sekarang ini berputar kearah kanan sehingga dapat diterima oleh orang banyak dengan berdasar pada jam tertua yang menggunakan bayangan sebagai patokan.

Comments

Tulis Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: