in

Daniel Maukar Pilot Andalan Yang Malah Menyerang Istana Untuk Bunuh Bung Karno

Megamein.com – Daniel Maukar merupakan seorang pilot pesawat dengan kemampuan manuver pesawat yang patut diacungi jempol. Ia bahkan merupakan anak emas dari Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) pada masa itu.

Namun namanya tercoreng akibat perbuatannya sendiri. Pada tanggal 9 maret 1960, Daniel Maukar melakukan penyerangan di Istana Negara dengan pesawat yang dikendalikannya. Meski sempat merasa ragu, namun Daniel tetap melanjutkan niatnya dikarenakan menurutnya negara sudah tidak sesuai dengan pendiriannya. Dilain sisi juga Daniel sangat menghormati dan mengidolakan Presiden Soekarno sehingga hal ini lah yg membuatnya ragu.

Daniel sendiri melakukan penyerangan saat Presiden Soekarno tidak ada di Istana Negara. Sebelum meluncurkan serangan, ia telah memastikan keberadaan Presiden Soekarno yang saat itu tidak berada di Istana dengan melihat bendera kuning emas yang merupakan sebuah pertanda ada atau tidak nya presiden di dalam Istana.

BACA JUGA  Ratu Cantik Zenobia yang Diarak dan Menjadi Tontonan Karena Kalah Perang

Aksi nya tersebut membuat pilar dari istana negara runtuh. Aksi keduanya juga mengenai kilang minyak di area tanjung priok, lalu ia juga melancarkan serangan di istana bogor. Sebenarnya aksi ini merupakan bentuk protes Daniel karena Ia merasa bahwa pemerintahan mulai disetir oleh komunis.

Dalam persidangan Daniel dijatuhi hukuman mati dengan dakwaan melakukan tindakan yang membahayakan Presiden. Setelah keputusan itu diturunkan, seorang Rima Melati menyuruhnya meminta maaf kepada Presiden Soekarno, namun karena merasa terus ditekan akirnya Daniel menolak dan tetap pada pendiriannya.

BACA JUGA  Dari Sinillah Tradisi MOS di Indonesia Dimulai

Melihat reaksi dari Daniel Maukar, Presiden Soekarno bukannya marah namun malah menyukai pemuda tersebut karena dianggapnya memiliki sebuah pendirian yang kuat. Akhirnya melalui kuasanya Presiden Soekarno membebaskan Daniel dari hukuman mati. Setelah menjalani masa tahanan selama 8 tahun, Daniel Maukar akhirnya dibebaskan meski setelahnya tidak aktif lagi dalam dunia Angkatan Udara Republik Indonesia. Di masa pensiunnya Ia memutuskan untuk menjadi pendeta sebelum akhirnya meninggal pada tahun 2007 lalu.

sumber: www.boombastis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

Tulis Komentar

Kisah Bung Hatta Yang Tak Mampu Beli Sepatu Impiannya

Ratu Cantik Zenobia yang Diarak dan Menjadi Tontonan Karena Kalah Perang

Ratu Cantik Zenobia yang Diarak dan Menjadi Tontonan Karena Kalah Perang